Bengkel Mobil Bandung

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) Survei ATTN-Barang Tahun 2016

TUJUAN PENYELENGGARAAN SURVEI ATTN-Barang Tahun 2016

Metode Survei Wawancara merupakan metode survei yang paling baik, ditinjau dari kualitas data yang diperoleh. Namun, tingkat keberhasilan dari pelaksanaan metoda ini sangat tergantung pada komunikasi awal yang baik antara Operator Help Desk Survei Wawancara dan Surveyor Pewawancara dengan calon responden, terutama untuk menentukan kesepakatan berkaitan dengan pihak yang akan diwawancarai dan juga berkaitan dengan jadwal dan tempat dilaksanakan wawancara. Kegiatan Survei Wawancara, dilakukan pada calon responden yang memiliki alamat yang jelas untuk dikunjungi.


STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) SURVEI WAWANCARA 

Elemen organisasi yang bertugas menangani Survei Wawancara dalam kegiatan pelaksanaan Survei ATTNBArang Tahun 2016, adalah Tenaga Web Admin, Tenaga Administrasi Pusat, Koordinator Wilayah, Tenaga Administrasi Wilayah, Supervisor Help Desk, Operator Help Desk Survei Wawancara dan Surveyor Pewawancara. Prosedur operasional Survei Wawancara, dapat dijelaskan sebagai berikut: Buku Panduan Survei Wawancara, Survei ATTN Barang Tahun 2016 4 a. Tenaga Administrasi Pusat mengirim surat pengantar pemberitahuan tentang adanya penyelenggaraan Survei Wawancara dalam kegiatan pelaksanaan Survei ATTN-Barang Tahun 2016, kepada seluruh Koordinator Wilayah; b. Koordinator Wilayah, melalui Supervisor Help Desk, menugaskan Operator Help Desk Survei Wawancara untuk melakukan verifikasi calon responden, meliputi kesesuaian nama perusahaan, alamat email, alamat pos, nomor telepon, dan lain sebagainya, serta mencatat nama dan nomor telepon perusahaan yang aktif dan dapat dihubungi; c. Proses verifikasi dilakukan dengan cara menghubungi nomor telepon yang ada dalam Daftar Responden Survei Wawancara. Jika nama perusahaan, alamat email, atau alamat pos, dan lain sebagainya, pada nomor telepon perusahaan yang dihubungi tersebut sudah berubah, segera diperbaiki dan diputuskan layak atau tidaknya terverifikasi sebagai calon rersponden. Jika ditelepon sampai dengan 6 (enam) kali dalam tempo 2X24 jam tetap tidak dapat dihubungi, maka calon responden tersebut dinyatakan tidak terverifikasi; d. Setelah Koordinator Wilayah menerima hasil verifikasi data calon responden, Koordinator Wilayah menugaskan Tenaga Administrasi Wilayah untuk mendistribusikan surat pemberitahuan tentang adanya penyelenggaraan Survei Wawancara dalam kegiatan pelaksanaan Survei ATTN-Barang Tahun 2016, kepada seluruh calon responden Survei Wawancara di wilayahnya, yang sudah diverifikasi oleh Operator Help Desk Survei Wawancara; e. Operator Help Desk Survei Wawancara, selanjutnya melakukan tahapan sebagai berikut: • Melaksanakan 5 (lima) tahap pendekatan terhadap setiap calon responden terverifikasi, sampai memperoleh contact person yang ditunjuk Buku Panduan Survei Wawancara, Survei ATTN Barang Tahun 2016 5 perusahaan calon responden beserta nomor telepon aktif yang dapat dihubungi; • Menghubungi contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden untuk menjelaskan tentang kegiatan pelaksanaan Survei ATTN-Barang Tahun 2016, serta membuat kesepakatan waktu dan tempat pertemuan untuk wawancara; • Menginformasikan kepada contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden bahwa yang ditugaskan untuk menemui adalah Surveyor Pewawancara; • Menyampaikan informasi tentang kesepakatan dengan contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden tentang waktu dan tempat pertemuan untuk wawancara kepada Surveyor Pewawancara; f. Surveyor Pewawancara menghubungi contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden untuk mengkonfirmasi kembali dan memastikan kesepakatan waktu dan tempat pertemuan untuk wawancara yang telah disepakati bersama Operator Help Desk Survei Wawancara, atau menyusun kesepakatan waktu dan tempat pertemuan untuk wawancara yang baru. Selanjutnya, melakukan kegiatan sebagai berikut: • Melakukan proses wawancara. Jika di tengah proses wawancara, contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden tidak bersedia melanjutkan dengan alasan tertentu (misal: ada tugas perusahaan yang harus diselesaikan saat itu, atau keperluan lain yang tidak dapat ditunda), maka boleh melakukan kesepakatan baru tentang waktu dan tempat untuk menyelesaikan proses wawancara; • Verifikasi terhadap seluruh isian kuesioner hasil wawancara, di hadapan contact person yang Buku Panduan Survei Wawancara, Survei ATTN Barang Tahun 2016 6 ditunjuk perusahaan calon responden, setelah proses wawancara selesai sepenuhnya; • Klarifikasi kepada contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden, jika terdapat data atau informasi yang diragukan kebenarannya. Jika sudah benar seluruhnya, meminta untuk membubuhkan tandatangan atau paraf pada setiap lembar kuesioner yang sudah diisi, sebagai bukti bahwa proses pengisian kuesioner survei wawancara sudah dilakukan dengan benar; • Menyerahkan kuesioner yang sudah diisi secara benar berdasarkan hasil wawancara dan sudah dibubuhi tandatangan atau paraf contact person yang ditunjuk perusahaan calon responden kepada Supervisor Help Desk, untuk disetorkan kepada Koordinator Wilayah; • Entry data, setelah kuesioner yang sudah terisi tersebut diverifikasi oleh Koordinator Wilayah; • Edit data, jika terdapat ketidak-kesesuaian hasil entry data yang dicetak oleh Supervisor Help Desk dengan isi kuesioner; g. Supervisor Help Desk mencetak berita acara perolehan responden oleh Surveyor Pewawancara, jika telah mencapai 20 responden atau waktu kegiatan pelaksanaan Survei ATTN-Barang 2016 dinyatakan selesai. SOP Survei Wawancara dan elemen organisasi yang terlibat pada Survei Pos dalam kegiatan pelaksanaan Survei ATTNBarang Tahun 2016, dapat dilihat pada gambar berikut. Buku Panduan Survei Wawancara, Survei ATTN Barang Tahun 2016 7 No Pelaksana Helpdesk Surveyor Supervisor Sistem Mengatur jadwal wawancara Entr/edit menggunakan format xls yang di donwload dari aps Melakukanwawancara (verified) Memeriksa hasil wawancara Entry hasil wawancara Edit data Menerima hasil verifikasi Melakukan cetak hasil entry Verifikasi hasil entry (cetak) Menerima hasil entry formulir Menyiapakan cetak hasil entry (pdf) Merekap hasil entry (verivied) Menyiapakan cetak berita acara (pdf) Menginformasikan hasil verifikasi Melakukan cetak dan approval berita acara selesai ya Jumlah responden = 20 atau survey habis ya tidak Sudah sesuai tidak ya Sudah benar Gambar 1.1: Diagram Aliran Data menurut Prosedur Operasional Survei Wawancara Buku Panduan Survei Wawancara, Survei ATTN Barang Tahun 2016 8

0 comments:

Posting Komentar

Jual Mobil Bandung

Bengkel Mobil Bandung menyediakan informasi mengenai alamat bengkel mobil di wilayah Bandung, dan bagi para pecinta otomotif atau modifikator mobil dapat memamerkan karyanya atau berbagi pengalaman dengan para pecinta Otomotif lainnya di web ini dengan mengirimkan artikel ke email : bandung.kopo@yahoo.co.id atau klik CONTACT

Untuk para pemilik bengkel, toko onderdil, suplier alat bengkel, dan usaha lain yang berhubungan dengan otomotif dapat memanfaatkan web ini untuk mempromosikan usahanya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bengkel Mobil Bandung melalui email : bandung.kopo@yahoo.co.id atau klik CONTACT

Top in Blog

community